NASA Rilis Peta Jagat Raya Terlengkap

NASA telah merilis kumpulan peta jagat raya yang memungkinkan para ilmuwan dan masyarakat awam untuk melihat jutaan galaksi, bintang, asteroid dan benda-benda lain.

Katalog jagat raya itu dirilis secara online pekan lalu dan sebagian besar telah dipublikasi oleh NASA. Masyarakat yang memiliki akses internet bisa mengunduh peta jagat raya tersebut.

Dari kumpulan peta jagat raya yang diambil melalui teleskop NASA itu, ada penemuan baru yang mencuri perhatian publik. NASA merilis gambar 33.000 asteroid baru yang mengambang antara Mars dan Jupiter dan juga ada gambar 20 komet.

Gambar-gambar itu didapat setelah NASA meluncurkan Wide-field Infrared Survey Explorer (WISE), yang membawa teleskop inframerah, pada Desember 2009. Pesawat ruang angkasa ini berhasil memindai kosmos secara rinci dan lebih halus dari misi sebelumnya.

WISE memetakan langit satu setengah kali lebih jelas selama misi 14 bulannya. Selain itu, WISE juga mendapatkan lebih dari 2,5 juta gambar dari orbit kutub tersebut.

Kemampuan pesawat ruang angkasa untuk mendeteksi cahaya panas membantunya menemukan benda berdebu, dingin dan jauh yang sering tidak terlihat oleh teleskop biasa.

Kumpulan gambar yang tersedia mewakili lebih dari setengah gambar yang telah diamati dalam survei jagat raya. Peta sensus kosmik sepenuhnya dijadwalkan akan dirilis musim semi berikutnya.

"Data baru yang spektakuler mengingatkan kita bahwa kita punya tetangga baru," kata Pete Schultz, seorang ilmuwan ruang angkasa di Brown University

0 komentar:

Poskan Komentar